BIOGRAFI SINGKAT JABIR BIN HAYYAN



Nama Lengkap Jabir bin Hayyan
Jabir bin Hayyan adalah seorang ilmuwan dan filsuf Arab. Dia dianggap sebagai perintis pertama dalam ilmu kimia. Nama asli beliau adalah Abu Musa Jabir bin Hayyan bin Abdullah Al-Azdi, dia dipanggil dengan nama Al-Azdi karena berasal dari kabilah Yaman yang besar yaitu kabilah Azad yang sebagiannya hijrah ke kufah setelah robohnya bendungan ma’rib.

Riwayat Hidup  Jabir bin Hayyan
Jabir dilahirkan di kota Thus Iran pada tahun 101 H ( 720 M ), dari seorang ayah yang bekerja di bidang farmasi. Ayahnya dikenal sebagai pendukung dinasti Abbasiyah. Jabir bin Hayyan memulai belajarnya dari ilmu agama, dia berguru kepada  Harb Al-Hamiri dan Imam Ja’far Ash-shadiq, hingga akhirnya jabir menjadi teman dekat Imam Ja’far . Setelah itu, dia cenderung kepada ilmu tasawwuf dan mempelajari ilmu filsafat. Fahmi Mathius Ishaq menegaskan dalam bukunya “Al-Ulama’ wa Al-Muslimun” bahwa Jabir menguasai bahasa Yunani dan Latin dengan baik. Ada banyak  penemuan-penemuan Jabir bin Hayyan diantaranya, dia mengetahui zat asam organic kolik, limonik dan titrat, dia berhasil memdukan antara nitrat perak dengan karbon timah dan masih banyak lagi penemuan-penemuan yang dilakukan oleh Jabir bin Hayyan.
Karya Jabir bin Hayyan
Jabir bin Hayyam merupakan penulis aktif dan banyak buku yang dikarangnya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dia menulis sebanyak 500 makalah dalam bidang kimia. Dia juga menulis buku kedokteran, matematika, filsafat, logika dan puisi. Muhammad bin Sa’id As-Sarqasti yang dikenal dengan nama Ibnu Al-Musyath Al-Astharlabi, dia mengatakan bahwa dia melihat buku yang dikarang Jabir di Mesir tentang asterlab (Salah satu dalam ilmu falak ( astronomi ) untuk mengukur ketinggian benda-benda langit guna mengetahui waktu.
Dianatara karya tulisnya yang terkenal adalah sebagai berikut :
1.      “Al-Khawash Al-Kabir” yang merupakan buku paling terkenal dan manuskirnya tersimpan di museum Inggris.
2.      Kitab As-sabin” dan “Kitab Ar-rahmah”. Keduanya telah diterjemahkan kedalam bahasa Latin pada abad pertengahan.
3.      Al-Jamal Al-Isrun  yang meliputi dua puluh makalah tentang kimia.
4.      Al-Ahjar” Manuskripnya tersimpan di perpustakaan nasional di Paris.
5.      Asrorul Kimiya
6.      Ushulul Kimia” dll.
Dikutip dari buku Abaqiroh Ulama’ Al-Hadharah wa Al-Islam Karya Muhammad Gharib Gaudah



















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " BIOGRAFI SINGKAT JABIR BIN HAYYAN"

Posting Komentar